Monday, August 9, 2010

Road to the cult of thomashanandry 's beautiful curve

Judul ini apa sih maksudnya? Begini, saya berencana untuk membuat pameran tunggal yang konsepnya adalah sebuah kecantikan dari garis lengkung yang membentuk sesuatu. kenapa kok garis lengkung sih? Nah berikut ini adalah penjelasan dari saya yang di proposal saya masukkan ke dalam latar belakang.

Lekukan adalah bagian dari kecantikan. Melihat sebuah kecantikan pasti tak luput dari lekukan-lekukan yang akhirnya memberikan sebuah persepsi cantik sehingga membangkitkan sebuah perasaan kagum, terpesona, hingga ingin memiliki. Pada tataran yang lebih tinggi akan membangkitkan perasaan ingin menciptakan hal yang serupa.

Arti kata lekuk sendiri menurut kamus besar Bahasa Indonesia adalah berongga lekung atau jeluk (seperti tanah yang digali) atau lepih seperti topi yang ditekan. Jadi lekukan memberikan kenyamanan pada mata yang memandang, tidak hanya mengajak bola mata mengikuti garis secara lurus saja tetapi juga mengajak mata untuk menari mengikuti rongga dan lengkung dari garis yang ada.

a003

Dalam keseharian pun manusia banyak menemui lekuk-lekuk kehidupan, mulai dari yang manis hingga yang pahit. Hal ini yang dikatakan mempercantik hidup. Begitu juga dalam mencipta sebuah karya seni maupun desain, kecantikan terbentuk bukan hanya dari hasil karyanya saja tetapi yang membuatnya cantik adalah sebuah proses pengkaryaan yang harus dilalui. Dimulai dari konsep berpikir yang meluap-luap hingga pada akhirnya menemui keterbatasan yang membelenggu idealisme dengan logika-logika yang ada pada kenyataan. Ini adalah sebuah kecantikan dalam sebuah hasil karya. Sampai kita harus bisa melewati keterbatasan tanpa mengabaikan norma logika yang ada. Inilah tingkat kecantikan yang tertinggi dari sebuah karya. Hasil karya seorang maestro pun dinilai orang berdasarkan lekukan yang dilalui, baik dalam hidupnya maupun dalam penciptaan karyanya.

Pameran ini ingin mengekspresikan lekuk-lekuk kecantikan dalam hasil karya saya, baik secara tersirat maupun tersurat. Pameran ini selain menunjukkan bahwa lekuk cantik yang biasanya adalah bagian dari wanita juga dimiliki oleh mahkluk ciptaan Tuhan yang lain dan juga hasil karya manusia.

a001 a001

Nah kira-kira gambarannya seperti itu, trus apa saja sih yang bakal dipamerkan?
wah ini masih dalam proyek pembuatan dan pengerjaan. Beberapa memang sudah jadi sih. berikut dibawah ini adalah beberapa yang sudah jadi.

a004

a005

No comments:

Post a Comment