Wednesday, August 11, 2010

re-DESIGN Sebuah Logo

Kalau kita memperhatikan billboard di pinggir jalan beberapa bulan yang lalu, ada billboard milik pepsi yang menunjukkan perubahan logo. Kenapa logo Pepsi dirubah? Untuk menjawab pertanyaan itu ada baiknya kita mengetahui dulu tentang logo dan mengapa sebuah logo harus dirubah.

Logo sebenarnya adalah sebuah identitas yang menjadi pondasi untuk membangun sebuah brand dan logo bertugas untuk berkomunikasi kepada target audience. Ada banyak perusahaan terkenal mengganti logo mereka dengan maksud agar audience dapat mengidentifikasi dengan baik bahkan mungkin hingga sempurna visi maupun misi sebuah perusahaan.

Dalam buku berjudul Mendesain Logo, Prof. Drs. Yonky Sfanayong menuliskan bahwa sebuah perusahaan meredesain logo atas pertimbangan pertimbangan sebagai berikut:
- Meluncurkan sebuah organisasi baru
- Merger atau akuisisi
- Diversifikasi
- Re-positioning
- Mengadakan peruahan corporate culture
- Pengembangan International
Alasan-alasan ini yang mendasari diredesainnya logo, jadi ketika sedang memuat tugas kuliah maupun penulisan yang berkaitan dengan mendesain ulang logo point-point diatas dapat dipakai sebagai latar belakang maupun permasalahan.

Photobucket

Terus untuk penjelasan tentang Pepsi sendiri? Pepsi adalah sebuah perusahaan softdring besar tang dulu didirikan oleh Caleb Bradham tahun 1980 dan nama produk awalnya adalah Brad's drink yang kemudian namanya diganti dengan Pepsi-Cola tahun 1898. Kemudian tahun 1903 nama ini dipatenkan dan masih belum diganti sampai saat ini.

Kemudian, semakin terkenalnya merk Pepsi-Cola, perusahaan akhirnya dibeli oleh Loft, Inc. yang kemudian mengganti ukuran botolnya menjadi 2 kali lipat, yang kemudian disusul dengan mengganti logonya pada tahun 1933.

1940 perubahan logo kembali terjadi. Walter Mark, CEO dari Pepsi mengeluarkan ide baru untuk membuat baru desain dari botol Pepsi dengan tutup botolnya diberi logo Pepsi.

Selanjutnya logo Pepsi semakin besar dan populer. Dan perusahaan mengharapkan logo pepsi dapat mengidentifikasikan perusahaan. Dan hasilnya di tahun 1950 dan 1962, tutup botol dengan warna biru dan merah yang diberikan pada garis yang meliuk. Di taun 1960 Pepsi mencoba menyimplifikasikan logotypenya namun tetap dengan tutup botol sebagai logografnya.

Tahun 1973 untuk pertama kalinya penampilan Pepsi terlihat berubah dan berbeda dengan sebelumnya. Ditambahakan Globe untuk menggantikan tutup botol yang dimaksudkan agar Pepsi dikenal di seluruh dunia.

Selanjutnya pada tahun 1991 tulisan Pepsi keluar dari gloge dan tulisan Pepsi diletakkan diatas globe yang menandakan keberhasilan Pepsi dalam mengenalkan keseluruh dunia.

Setelah tahun 1998, Pepsi memutuskan untuk lebih menonjolkan globe agar tidak kalah dengan tulisan Pepsi. Dan di tahun 2010 ini pepsi yang sudah sangat dikenal mencoba untuk membranding nama melalui logogramnya saja dengan tetap memberikan ciri khas globe dan warna merah, biru dan putih pada globe.

Kira kira itu lah perubahan desain logo Pepsi. Masih ada banyak perubahan logo yang lain yang mungkin akan saya bahas lain waktu (kalau kata malas sudah hilang ^^). jadi sekarang saya tampilkan beberapa perubahan saja yang saya kumpulkan dari bebrbagai sumber.

Photobucket

Photobucket

No comments:

Post a Comment